Arsip Blog

Home » » Flu Saat Perubahan Cuaca ? Ini Cara Mencegahnya

Flu Saat Perubahan Cuaca ? Ini Cara Mencegahnya

Photo: shutterstock.com/swissmacky
MINIMAL SEHAT - Perubahan cuaca tak menentu yang terjadi saat ini seringkali membuat daya tahan tubuh turun, sehingga banyak orang mengidap penyakit seperti flu, pilek, dan demam.

Dilansir oleh Health Me Up Jumat (04/07), cara terbaik untuk menghentikan pilek atau demam yang disebabkan oleh perubahan cuaca adalah dengan langsung memberikan perawatan ketika gejala-gejalanya mulai dirasakan. Berikut ini adalah lima cara yang dapat Anda gunakan sebagai pencegahan agar flu atau pilek tidak memburuk:

1. Disaat bersin jangan menutup mulut dengan tangan, karena nantinya Anda akan menggunakan telapak tangan anda untuk beraktivitas, dan akan menyebarkan virus ke mana-mana. Baiknya gunakan lekukan siku atau lengan baju untuk menutup mulut saat bersin. Lalu, selalu bersihkan tangan dengan hand-sanitizer atau air untuk menjaga kebersihan dan membuat tangan anda tetap bersih.

2. Mungkin ini adalah salah satu cara ampuh untuk mencegah flu atau pilek tidak memburuk yaitu dengan minum banyak air putih.

3. Untuk mencegah pilek dan demam juga dapat dilakukan dengan meningkatkan konsumsi vitamin A, C, B kompleks, dan E. Vitamin-vitamin ini bisa dengan mudah didapatkan pada sayur dan buah-buahan.

4. Stres juga ternyata bisa membuat gejala pilek dan demam semakin parah. Karena itu, kurangi memikirkan hal-hal yang dapat membuat diri Anda stres.

5. Jika Anda seorang perokok atau pecandu alkohol, cobalah untuk mengurangi kebiasaan itu ketika mengalami gejala pilek atau demam, karena itu dapat memperburuk kondisi Anda.(**)

0 comments:

Posting Komentar