Arsip Blog

Home » » Hati-hati Bagi yang Punya Kebiasaan Menggigit Kuku

Hati-hati Bagi yang Punya Kebiasaan Menggigit Kuku

Photo: liputan6.com
MINIMAL SEHAT - Rata-rata pasti ada teman kita yang mempunyai kebiasaan buruk seperti menggigit kuku, namun sebagian sebagian dari mereka sering melakukannya tanpa sadar. Saat menonton TV, rapat atau melamun. Tahukan anda jika kebiasaan ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan?.

Richard Scher MD, seorang ahli gangguan kuku dari Weil Cornell Medical College, mengatakan kuku adalah tempat berkumpulnya kuman. Kuman yang terdapat pada kuku termasuk enterobacteriaceae yang terdiri dari salmonella dan E coli.

Kuku yang kita gigit dapat memasukkan banyak bakteri jahat dari mulut berlanjut hingga perut. Jika sudah didalam tubuh, itu bisa menyebabkan infeksi gastro-intestinal sehingga menyebabkan perut sakit dan diare.

Dilansir dari Time, Jumat, (4/7/2014), Scher juga mengungkapkan jika kebiasaan ini terus dilakukan dalam jangka panjang, dapat menyebabkan infeksi paronychia.

Kebiasaan ini juga dapat membuat kuku terluka dan menyebabkan munculnya jamur yang bisa berkembang biak.

Bahkan dapat mengubah bentuk gigi. "Sering mengigit kuku membuat oklusi (susunan) gigi yang buruk. Posisi gigi bisa bergeser, membuat bentuk gigi jadi aneh," kata Chris Adigun, MD, dermatolog NYU Langone Medical Center.(**)

0 comments:

Posting Komentar