Arsip Blog

Home » » Kontrol Nafsu Makan Berlebihan Dengan Lima Cara Ini

Kontrol Nafsu Makan Berlebihan Dengan Lima Cara Ini

Photo: liputan6.com
MINIMAL SEHAT - Makan mempunyai banyak fungsi, termasuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh untuk tetap berfungsi dengan baik. Namun, rupanya banyak dari kita yang mengkonsumsi makanan yang tidak menyehatkan untuk tubuh seperti mi instan, gorengan, dan junk food.

Untuk menghindari makanan-makanan seperti itu, kita haru mengontrol cara makan kita. Dilansir dari boldsky, Jumat (4/7/2014), ada lima cara untuk mengontrol nafsu makan kita agar tidak terlalu banya mengkonsumsi makanan yang tidak sehat untuk tubuh:

1. Belajar makan dalam porsi kecil
Jika nafsu makan sudah tidak tertahankan, silahkan makan tapi usahakan hanya dalam porsi yang lebih sedikit dari biasanya. Ini berfungsi untuk melatih otak kita agar mampu mengontrol makanan yang dikonsumsi.

2. Kurangi asupan gula
Gula adalah salah satu kandungan yang umunya membuat orang jadi kecanduan untuk makanan tertentu. Karena itu, jauhi makanan-makanan manis menu, agar anda tidak mudah tergoda. Ganti gula dengan buah atau sayuran.

3. Makan secara teratur
Belajarlah secara teratur dan sesuai dengan jam-nya agar kita tidak kecanduan untuk makanan-makanan tertentu.

4. Berolahraga
Usahakan setelah makan makanan yang kurang sehat, dilanjutkan berolahraga. Ini dipercaya merupakan salah satu cara mudah untuk membantu menyingkirkan nafsu makan yang berlebihan.

5. Jangan berdiam diri
Jika nafus makan berlebihan datang karena sedang stres atau tertekan. Langusng alihkan nafsu makan dengan beraktivitas. Misalnya meditasi, bersih-bersih rumah, olahraga, dll.(**)

0 comments:

Posting Komentar